7.3.10

Tip Menulis Di Blog

Sering kita kadang takut-takut menulis di Blog setelah diterbitkanya UU ITE, beberapa Tip berikut ini smoga membantu untuk memulai.
  • Gunakan contoh personal: Dengan menggunakan pengalaman pribadi sebagai contoh dari topik atau konsep yang sedang kita tulis, pembaca akan merasakan ada cita-rasa yang khas dari posting kita. Dengan metode ini, tulisan kita akan jadi hidup.
  • Tulis judul yang memikat: Pilih judul yang menarik. Paling tidak tergambar dengan jelas manfaat yang akan diperoleh pembaca jika membacanya sampai tuntas. (Tetapi ingat, jangan bikin judul yang tak mencerminkan isi tulisan itu yang akan membuat pembaca jadi tidak percaya pada kita dan tidak akan kembali lagi bertandang).
  • Lontarkan pertanyaan: Pertimbangkan untuk melontarkan pertanyaan, baik di awal maupun di akhir posting kita. Dengan merangsang pemikiran dan pendapat pembaca, otomatis mereka akan merasa posting kita menarik. (Dan gaya bertanya ini biasanya juga akan memancing banyak komentar).
  • Gunakan gambar: Foto, bagan atau grafik pendukung akan menjadi daya tarik sendiri bagi orang untuk terus membaca posting Anda.
  • Kutipan dan tautan: Jika memang relevan, gunakan kutipan dan taut sumber-sumber lain untuk memperkuat tulisan kita. Ini akan jadi nilai tambah posting kita. Demikian selamat mencoba.